Sabtu, 16 Juni 2018

Untitled

I want to dump something, and just found perfect trash here.

WHAT A BIG BULLSHIT, BULLSHIT, BULLSHIT. HA HA HA.


Rabu, 06 Juni 2018

Tentang Takdir

Takdir itu ada dua, takdir mubram dan takdir mualaq.

Takdir mubram merupakan kuasa Allah, tidak bisa berubah-ubah: kelahiran, kematian, kiamat. Sedangkan takdir mualaq adalah takdir yang terjadi atas pilihan manusia. Bahasa lainnya, takdir ikhtiar. Contohnya, rezeki dan jodoh.

Jadi rezeki dan jodoh bisa diusahakan? Yap, bisa.

Kenapa orang-orang selalu membahasakan kalau rezeki dan jodoh sudah ditentukan, tertulis di Lauhul Mahfudz?

Jadi, kedua takdir diatas semuanya tertulis di Lauhul Mahfudz. Dengan ilmu-Nya, Allah sudah tahu pilihan-pilihan hidup yang kita ambil dari lahir sampai mati. Yap, tentu saja tidak bisa disamakan ilmu Allah dengan ilmu manusia.

Overwhelmed? Ayo banyak dzikir kurangi mikir hehehe.

To Cope with Anxiety Attack

Anxiety disorder according to google,

"....is a mental health disorder characterised by feelings of worry, anxiety or fear that are strong enough to interfere with one's daily activities."

Pernahkah kamu tiba-tiba aja merasa overwhelmed, napas terasa sesak sampai kamu bisa menghela napas berkali-kali, sampai ngerasa seperti tercekik dan mual? That's one of anxiety disorder symptomps.

Anxiety attack was my part of quarter life crisis, selain krisis percaya diri dan ngerasa ga cantik dan benci sama anak kecil. Hahaha. Awalnya gue terheran-heran ini gejala apa sih, kok suka tiba-tiba datang pas lagi di kantor, seharian ga ilang-ilang, tapi gue kesulitan menjelaskan yang gue alami karena kesannya lebay banget. Tapi serius loh, rasanya kayak leher tercekik dan napas ga teratur, gelisah dan keringat dingin. Setelah baca-baca dari orang-orang yang punya masalah anxiety disorder, gue menyimpulkan sendiri itu adalah gejala anxiety disorder. Kalau terparah, waktu mau cabut gigi. Tangan gemeteran, berusaha menenangkan diri tapi ternyata keliatan sama dokternya, hehehe.

Tapi saat ini gue lebih merasa berbahagia, jadi jarang muncul gejala-gejala kayak gitu.

How to cope with anxiety attack? Gue ga banyak cerita sama orang-orang tentang yang gue alamin sih, karena ga yakin kesimpulan gue tepat atau berlebihan. Tapi biasanya dulu kalau aku udah ngerasa anxiety-nya kambuh, aku nyetel ceramahnya Aa Gym seharian...... mueheheh. Seriously, it works! Karena gue sadar ini muncul gara-gara pikiran gue sendiri yang kebanyakan mikir berbagai hal. Sedangkan isi ceramah Aa Gym itu selalu tentang qalbu, bagaimana menjadikan qalbu ini condong kepada jalan yang lurus. Banyak dzikir jangan kebanyakan mikir, gitu katanya. Rasanya tuh kalau lagi kambuh terus dengar ceramahnya beliau seperti benang kusut di otak itu diurai sedikit-sedikit.

Tapi alhamdulillah saat ini gue sudah lebih merasa tenang dan berbahagia. Gue merasa lebih bisa meluapkan emosi tanpa ditahan-tahan kayak kalau ketawa ya ketawalah bahagia, kalau tersentuh ya nangis aja, gitu..

Well, mungkin kalian yang merasa punya gejala yang sama bisa coba tips tadi. Berbahagialah!

Jumat, 01 Juni 2018

Al Quran = Rahmat Sekalian Alam

Haaaaiiii, kangen ga sama tulisan gue? Kenapa jadi gue-lu gini ya. Mending aku/saya/gue?

Tempo hari dateng ke kajiannya Ustadz Nouman Ali Khan yang kebetulan lagi dateng ke Indonesia. Dengan tajuk reconnect with Quran, Alhamdulillah isinya menarik!

Tapi lupa catetannya ketinggalan di Bekasi.............................

Tulis yang aku inget dan tangkep aja ya.

Al Quran turun sebagai rahmah. Rahmah berasal dari kata rahim, yap rahim yang sama dengan yang ada di perut ibu. Seorang ibu akan super duper menjaga rahim/kandungannya. Begitu pula tujuan Al-Quran.

Seringkali orang yang awam, bilang Al-Quran adalah sumber kemarahan. Apakah ada ayat yang isinya kemarahan Allah dalam Al-Quran? Ya, memang ada. Tapi kemarahan Allah adalah untuk seburuk-buruknya manusia (contoh: Firaun). Jadi tidak serta merta bila kita berbuat salah lalu Allah murka, karena di Al-Quran pun tersedia solusi/tuntunannya untuk mempebaiki kesalahan tersebut.

Pemahaman kita terhadap Al-Quran, bergantung pada niat dan tujuan kita mempelajari Quran. Pernah lihat orang yang sudah hapal Quran/khatam Quran namun masih sering marah-marah atau mudah menyalah-nyalahkan orang lain? Takutlah kita bila di akhirat nanti kita mesti bertanggung jawab atas menjauhnya orang-orang dari Al-Quran gara-gara kita malah membuat orang lain enggan mendekati Al-Quran. Karenanya, bila kita ingin mendekat dengan Al-Quran, hal pertama yang mesti kita lakukan adalah berdoa, minta agar kita diberikan pemahaman yang baik dari Al-Quran.

Hm, mungkin segitu dulu, karena aku lupa >.<

Nanti diupdate lagi setelah pulang ke bekasi biar bisa nyontek. Oh ya, di youtube juga sepertinya sudah rilis videonya. Enjoy!

Minggu, 18 Maret 2018

Alasan Menikah

Tahun-tahun kelulusan biasanya jadi tahun dimana semua orang seangkatan mulai ngomongin nikah. Cowo-cowo mulai sok-sok modus, cewe-cewe mulai menunjukan keterampilan hidup macam masak, ngehadepin anak kecil. Gue pernah ada di posisi tersebut, termasuk dimodusin sampe gue geuleuh sendiri. Pernah juga gue sampai nanya ke temen cowo gue (yang entah kenapa gencar banget nyuruh gue nikah), "kenapa sih bahas nikah melulu?", yang tapi ujung-ujungnya gue yang dia damprat seolah gue yg ngebet minta dinikahin. Malesin banget heu.

Tapi 2-3 tahun setelahnya biasanya udah mulai berkurang. Alhamdulillah udah pada dewasa dan mikir lebih bijak tentang pernikahan kali ya. Ga lagi jadiin itu guyonan karena sumpah itu ga lucu banget. Lebih pinter soal tujuan nikah, mungkin.

Gue sendiri lebih merasa paham mengenai relationship dan jodoh sih. Gimana ya, banyak gitu orang sekitar gue yang gue kira akan jodoh ternyata ga jodoh. Ada pasangan yang udah "jalan" selama kuliah, eh nikahnya sama yang lain. Banyak yang keliatannya cocok banget karena kelakuannya mirip. Ada yang kalau ngobrol asyik banget nyambung banget, eh ga jodoh juga. Kayaknya urusan jodoh tuh lebih kompleks daripada merasa kita soulmate as a friend. Jadi akhirnya mah ya ga perlu ngebet-ngebet banget usaha atau berharap sama manusia. Jalur sejadah udah paling bener.

Dulu gue ga terlalu paham tentang konsep nikah agar menjaga fitnah. Ada junior gue yang tiap kali ketemu selalu nyuruh gue cepet nikah agar menghindari fitnah. Gue pikir karena gue cewe standar yang ga segitu charmingnya dan gue juga bukan tipe cewe centil, gue masih bisa jaga diri. Hingga suatu hari gue pindah ke Bekasi. Men, berapa kali gitu digenitin cowo bahkan yg udah nikah! Dan sorry kalau gue jengah dan kolot soal kebiasaan married man yang kalau di kantor berasa single man. Jangan dibiasain plis.

Ada kejadian juga yang langsung bikin gue, oh ya gue cewe single, dan wanita itu potensi banget jadi fitnah untuk laki-laki yang kurang menundukan pandangan (dan hati sih) dan bener-bener ngerasa butuh perlindungan dari salah satunya sesosok suami. Detilnya ga perlu lah ya. Pokonya se-disgusting itu sampai gue sadar banget fungsi nikah untuk jaga fitnah.

Gara-gara kejadian itu gue jadi bener-bener jaga diri sekarang kalau interaksi dengan cowo apalagi yang sudah berkeluarga. Seperlunya aja gitu. Kalau bisa menghindar ya menghindar aja. Kecuali yang udah kenal banget dan tau banget. Semoga gue cepet ketemu sama guardian gue juga. Aamiin.

Selasa, 24 Oktober 2017

Investasi

Dapet dari instastory-nya founder QuranID, Archie Wirija, dimana doi juga ngecapture dari instastory seseorang (lupa, nanti ingetin aja ya kalau ada yang tau).

Jadi investasi itu ada 3 tahapan:
1. Investasi diri sendiri
2. Investasi jaringan
3. Investasi materi? (Lupa yang terakhir)

Tiga tahapan ini harus berurutan. Jangan langsung lompat ke no. 3 misal.

Investasi diri sendiri ini maksudnya bisa berupa beli buku, ikutan workshop, dll. Intinya bagaimana kita menambah wawasan untuk diri sendiri.

Investasi jaringan adalah berusaha memperluas pertemanan/perkenalan dengan siapa saja, terutama yang bisa dibilang lebih sukses dari kita. Kalau bisa sambil traktir. Tambahan: Never burn the bridge lah. Bisa jadi orang yang hari ini bikin kita ga enak, nanti malah tolong menolong.

Barulah yang ketiga, investasi materi. Bisa investasi properti, emas, dsb.

Jadi, misal kita mau invest properti. Hal yang dilakukan sebelumnya adalah:
1. Baca buku tentang properti
2. Ngobrol sama orang yang udah berkecimpung disitu

Rabu, 11 Oktober 2017

Opini: Polemik Angkot dan Taksi Online

Polemik angkutan umum dan angkutan online sebenarnya sudah ada sejak angkutan online menjamur di kota besar. Sayangnya pemerintah ga cepat tanggap soal hal ini. Bahkan terkesan plin-plan.

Beberapa waktu lalu kalau tidak salah pemerintah pusat pernah sempat melarang angkutan online. Lalu tiba-tiba ga lama setelah itu, Presiden mengizinkan. Lalu tempo hari juga ramai berseliweran poster di Bandung tentang himbauan dari Pemkot untuk mengambil alternatif angkutan di hari mogok angkot Bandung. Lalu tiba-tiba secara mengagetkan pemprov memutuskan untuk melarang kegiatan angkutan online di Jabar. Eh gimana?

Sebenarnya kalau boleh jujur, menjamurnya armada angkutan online itu memang bikin kota jadi makin semrawut, selain memang angkutan umum konvensional sudah semrawut sih. Tapi seolah ga ada pilihan lain, memang sangat lebih enak pakai angkutan online sih. Terutama ojek. Opsi lain, pakai motor sendiri. Itu adalah opsi paling nyaman di Indonesia: cepat, murah, dan bisa angin-anginan, huehehe.

Transportasi itu salah satu aspek yang krusial dalam keberjalanan kota. Seandainya dari dulu pemerintah itu aware tentang pentingnya kenyamanan transportasi umum. Muluk-muluklah kalau step pertama yang diambil adalah menghimbau masyarakat pake sepeda. Yang pertama harus diperhatikan itu ya transportasi umum.

Aku sebenarnya sedikit mengapresiasi sikap pemprov jabar yang berani bikin keputusan besar. Tapi sayangnya momennya kurang tepat. Yang terjadi sekarang masyarakat dipaksa pakai angkutan umum yang jelas-jelas ga layak dari segi kemanan dan kenyamanan. Tentu saja masyarakat akan marah. Sopir-sopir angkutan umum juga malah makin arogan karena merasa "menang".

Banyak usulan-usulan bagus nih dari teman-teman FB mulai dari penggunaan sistem tapcash untuk angkot sampai sistem upah bulanan sopir angkot. Tinggal dikaji dengan serius dan ambil keputusan dengan berani. Hilangkan alasan2 kalau angkutan umum itu sekarang punya swastalah, ada organdanya, dsb.


Barulah setelah itu pembatasan untuk angkutan online bisa dilakukan karena masyarakat sudah diberikan opsi yang dibutuhkan.

****

UPDATE

Baru aja ada klarifikasi dari pemprov katanya doi ga bekukan, hanya menghimbau. Eh gimana? Ini berasa lempar-lemparan bola peredam deh.

Yaudah semoga segera cepat tanggap solutif ya pemprov!!